Senin, 10 Januari 2011

MANAJEMEN KOMUNIKASI

KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI

A. PENGERTIAN, DAN PERAN KOMUNIKASI
Pengertian Komunikasi :
q  Penyampaian atau pertukaran informasi.
q  Proses pemindahan pengertian dalam bentuk gagasan atau informasi dari seseorang ke orang lain.

Peran Komunikasi :
q  Sebagai sarana tercapainya fungsi-fungsi manajemen.
q  Sebagai sarana mencurahkan sebagian besar proporsi waktu

B. PROSES DAN UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI











C.KETRAMPILAN DASAR BERKOMUNIKASI
q   Harus mampu saling memahami.
q   Mampu mengkomunikasikan pikiran dan perasaan.
q   Mampu saling menerima dan saling mendukung.

D. FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FREKUENSI DAN AKURITAS DARI KOMUNIKASI
q   Kesempatan untuk berinteraksi
q   Status hubungan – Mis. Diskusi kelompok
q   Kepaduan

C. JARINGAN KOMUNIKASI
q   Jaringan berbentuk lingkaran : masing-masing posisi dapat berkomunikasi secara langsung dengan dua posisi yang lain dalam jaringan tersebut.
q   Jaringan berbentuk rantai : Menunjukkan dua bawahan (A dan E) yang melapor kepada atasan mereka (B dan D), yang selanjutnya oleh B dan D dilaporkan ke C.

q   Jaringan berbentuk bintang : komunikasi harus lewat posisi orang yang berada di tengah (C).
q   Jaringan berbentuk huruf Y : Biasanya terdapat dalam bagian sekretariat dimana surat-surat diterima oleh E, disortir oleh D dan distribusikan oleh C.

D.  ALIRAN KOMUNIKASI FORMAL DALAM ORGANISASI
q  Komunikasi dari atas ke bawah : Pemberian pengarahan, instruksi, saran, dsb.
q  Komunikasi dari bawah ke atas : Untuk menyediakan umpan balik, memberikan informasi.
q  Komunikasi horizontal : Aliran komunikasi dari orang yang memiliki hirarkhi yang sama dalam suatu organisasi.
q  Komunikasi diagonal : Aliran komunikasi dari orang yang memiliki hirarkhi yang berbeda dan tidak memiliki hubungan wewenang secara langsung.

E.  HAMBATAN-HAMBATAN KOMUNIKASI YANG EFEKTIF
q  Menilai sumber
q  Penyaringan
q  Tekanan waktu
q  Mendengarkan secara selektif
q  Masalah bahasa
q  Perbedaan kerangka acuan
q  Beban komunikasi berlebihan

F.  CARA MENGATASI HAMBATAN KOMUNIKASI
  •  Meningkatkan umpan balik
  • Empati
  • Pengulangan
  • Menggunakan bahasa yang sederhana
  • Penentuan waktu yang efektif
  • Mendengarkan secara efektif 
  • Mengatur arus informasi

0 komentar:

Posting Komentar