KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
A. PENGERTIAN, DAN PERAN KOMUNIKASI
Pengertian Komunikasi :
q Penyampaian atau pertukaran informasi.
q Proses pemindahan pengertian dalam bentuk gagasan atau informasi dari seseorang ke orang lain.
Peran Komunikasi :
q Sebagai sarana tercapainya fungsi-fungsi manajemen.
q Sebagai sarana mencurahkan sebagian besar proporsi waktu
B. PROSES DAN UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI
C.KETRAMPILAN DASAR BERKOMUNIKASI
q Harus mampu saling memahami.
q Mampu mengkomunikasikan pikiran dan perasaan.
q Mampu saling menerima dan saling mendukung.
D. FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FREKUENSI DAN AKURITAS DARI KOMUNIKASI
q Kesempatan untuk berinteraksi
q Status hubungan – Mis. Diskusi kelompok
q Kepaduan
C. JARINGAN KOMUNIKASI
q Jaringan berbentuk lingkaran : masing-masing posisi dapat berkomunikasi secara langsung dengan dua posisi yang lain dalam jaringan tersebut.
q Jaringan berbentuk rantai : Menunjukkan dua bawahan (A dan E) yang melapor kepada atasan mereka (B dan D), yang selanjutnya oleh B dan D dilaporkan ke C.
q Jaringan berbentuk bintang : komunikasi harus lewat posisi orang yang berada di tengah (C).
q Jaringan berbentuk huruf Y : Biasanya terdapat dalam bagian sekretariat dimana surat-surat diterima oleh E, disortir oleh D dan distribusikan oleh C.
D. ALIRAN KOMUNIKASI FORMAL DALAM ORGANISASI
q Komunikasi dari atas ke bawah : Pemberian pengarahan, instruksi, saran, dsb.
q Komunikasi dari bawah ke atas : Untuk menyediakan umpan balik, memberikan informasi.
q Komunikasi horizontal : Aliran komunikasi dari orang yang memiliki hirarkhi yang sama dalam suatu organisasi.
q Komunikasi diagonal : Aliran komunikasi dari orang yang memiliki hirarkhi yang berbeda dan tidak memiliki hubungan wewenang secara langsung.
E. HAMBATAN-HAMBATAN KOMUNIKASI YANG EFEKTIF
q Menilai sumber
q Penyaringan
q Tekanan waktu
q Mendengarkan secara selektif
q Masalah bahasa
q Perbedaan kerangka acuan
q Beban komunikasi berlebihan
F. CARA MENGATASI HAMBATAN KOMUNIKASI
- Meningkatkan umpan balik
- Empati
- Pengulangan
- Menggunakan bahasa yang sederhana
- Penentuan waktu yang efektif
- Mendengarkan secara efektif
- Mengatur arus informasi
0 komentar:
Posting Komentar